Bimbingan Teknis Petugas Cacah Lapangan (PCL) dan Verifikator Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) Kecamatan Brebes

Pada hari Kamis,Tanggal 26 September 2019 bertempat di Kantor Balai Desa Terlangu diadakan Bimbingan Teknis PCL dan Verifikator SIPBM.Untuk kecamatan Brebes dibagi menjadi 3 Cluster Yaitu di Desa Terlangu,Desa Kalimati,Desa Sigambir dan Desa Kaligangsa Kulon.Cluster 1 bertempat di Kantor Balai Desa Terlangu,terdiri dari Desa Terlangu,Desa Pulosari,Desa Padasugih,dan Desa Wangandalem.Masing-masing desa mengirimkan PCL dan Verifikator yang dibutuhkan pada saat pendataan.

Tujuan SIPBM adalah untuk membangun pusat data dan informasi pembangunan yang bersifat makro (by name by address) dalam rangka membantu peningkatan kinerja pembangunan dan kemandirian masyarakat untuk menuntaskan dan mencari solusi pembangunan yang ada di wilayahnya.

Acara dibuka oleh Camat Brebes,Bapak Eko Purwanto,BA,S.IP.Beliau menyampaikan agar pendataan SIPBM ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,dan harapannya peserta dapat mengikuti Bimtek ini dengan baik dan dapat dimengerti.Selanjutnya disampaikan dari Dinpermades,Bapak Setiyawan,S,si.Tujuan diadakan bimtek ini dapat terlaksana pendataan yang valid dan akurat.

Selanjutnya acara diisi oleh Narasumber Bapak Herwanto,S.Kom.Beliau menjelaskan secara terperinci bagaimana cara pengisian Instrumen Keluarga SIPBM,yang terdiri dari 3 lembar tentang perumahan,pendidikan dan lainnya.Beliau menjelaskan pengisian IK dengan sampel pada lembar kertas.

Acara terakhir diisi oleh Bayu Setiawan dari Baperlitbangda,beliau menjelaskan dengan seksama cara pengisian IK pada Android. Karena untuk tahun ini pendataan SIPBM sudah berbasis Android.

Acara bimtek selesai pukul 15.30 wib,dan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.