Ditlantas Polda Jateng kunjungi Kampung Lalu Lintas Di Desa Terlangu

KABAR DESA, Pada hari Senin,tanggal 29 Juli dari Ditlantas Polda Jateng yang dipimpin oleh Ibu Ningsih melaksanakan kunjungan supervisi kampung lalu lintas yang berada di lingkungan Rw.03 Desa Terlangu Kecamatan Brebes.Tujuannya yaitu sebagai sarana edukasi warga dalam mencegah terjadinya kecelakaan.Dengan masyarakat tertib berlalu lintas maka bisa menjadi pelopor keselamatan.Himbauannya para pengendara sepeda motor menggunakan helm berstandar SNI.Sementara itu dari Kasat Lamtas Polres Brebes,menyampaikan tentang aspirasi warga untuk pemasangan lampu merah di perempatan SDN Terlangu 01.Karena pada waktu pagi dengan keadaan lalu lintas yang sangat padat.Perwakilan dari petugas Kampung Lalu Lintas Bapak Nurdin mengatakan bahwa dengan adanya petugas setiap pagi sangat bermanfaat bagi para pengguna jalan khususnya anak-anak sekolah,serta dapat mengurangi kecelakaan. Sebelum selesai supervisi selesai,Ibu Ningsih menyerahkan secara simbol kepada Kepala Desa Terlangu,Bapak Happy Agung Raharjo berupa Helm.Harapannya agar para pengguna sepeda motor menggunakan Helm untuk keselamatan diri sendiri.Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Kepala Desa Terlangu atas kunjungan dari Ditlantas Polda.

JUM’AT BERSIH (JUMSIH)

Jumat, 26 Juli 2019

                KABAR DESA, Desa Terlangu mengadakan serangkaian jumat bersih di kampung lalu lintas jalan gotong royong 1 Rw 03 di desa terlangu. Pak Hartoyo selaku kepala dusun menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan monitoring dan evaluasi tinjauan kampung lalu lintas sewilayah Polda Jateng. Kampung lalu lintas ini merupakan kerjasama dari desa terlangu dan Polda Jateng, berdasarkan permintaan desa terlangu. Kampung lalu lintas di mulai tahun 2017 dan pernah meraih penghargaan juara 2 se-wilayah Jateng.

Adapun pejabat yang hadir dalam membantu kegiatan jumsih ini yaitu :

  1. Kades Terlangu bapak Happy Agung Raharjo
  2. Kanitlaka Satlantas Porles Brebes Inspektur Polisi Satu, Bapak Prapto S.H,M.H
  3. RW 3 Bapak Widodo
  4. Kepala Dusun Bapak HartoyoWhatsApp Image 2019-07-30 at 09.01.46

 Di bantu oleh Masyarakat Rw 03 dan teman teman Mahasiswa KKN dari IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

PENGAJIAN AKBAR SENIN PON

WhatsApp Image 2019-07-23 at 08.52.22KABAR DESA, Pada hari senin Pon tanggal 22 Juli 2019 di desa terlangu kecamatan brebes kabupaten brebes mendapat giliran pengajian akbar yang bertempatan di lapangan desa terlangu Rt: 04 Rw: 02.yang langsung di hadiri oleh Assyekh Sholeh Bin Muhammad Bassalamah beserta keluarganya, serta aparat desa terlangu yang selaku tuan rumah.

senin pon adalah kegiatan rutinitas pengajian akbar yang dilaksanakan secara bergantian di tiap tiap desanya. Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan pengajian akbar ini, tidak sedikit warga yang hadir, bukan hanya di desa terlangu saja tapi di luar brebes seperti indramayu, cirebon, tegal ramai berbondong-bondong untuk menghadiri pengajian senin pon tersebut. Dan pengajian akbar ini mensajikan diantaranya : manaqiban, sholawatan, maidhoh hasanah, dan doa bersama.

Manaqiban yaitu berasal dari bahasa arab yaitu ‘manaqib’ yang artinya biografi dan di tambah dengan akhiran ‘an’ dari bahasa indonesia. Jadi, Kegiatan pembacaan manaqib yaitu pembacaan Biografi Syaikh ‘Abdul Qodir Al-Jailani, seorang Wali yang legendaris di Indonesia, pembacaa ini memakai bahasa arab yang diiringi menggunakan alat musik bernama hadroh.

Masyarakat rela berpanas panasan, berdesak- desakan demi mendengar seuntai maidhoh hasanah dari para jajaran al-mukarrom habaib. Untuk mendapatkan berkah dari Allah S.W.T dan syafaat Nabi Muhammad S.A.W agar hidup nya damai, tentram dan bermasyalahat.

 

PEMBENTUKAN PANITIA HUT RI TAHUN 2019 DESA TERLANGU

IMG-20190715-WA0052[1]

Dalam menyambut Hari kemenangan Negara Republik Indonesia sepantasnya kita harus merayakan agenda tahunan yang sebagaimana di jelaskan hubbul wathon minal iman yang artinya cinta tanah air adalah sebagian daripada iman,oleh karena itu kita sebagai Warga Negara Indonesia patut merayakan dan mensyukuri hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada tanggal 12 juli 2019 Perangkat Desa Terlangu mengupayakan pembentukan kepanitiaan untuk penyelenggaraan 17 Agustus 2019, yang di hadiri oleh Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Pengurus BPD, dan para RW,RT, Karang Taruna Desa setempat.  adapun pembentukan panitia tersebut juga melibatkan peserta KKN desa terlangu agar dapat berpartisipasi dan mensukseskan acara tersebut. pada tahun ini aparat desa menginstruksikan supaya kegiatan tersebut lebih di fokuskan dan di pusatkan ke satu titik di Desa.

Dengan kesepakatan bersama dalam musyawarah tersebut memutuskan terpilihnya jajaran kepanitiaan:

Ketua : Deni Waelani

Wakil ketua : Edi Suroso

Sekretaris : Ratih Sri Marginingsih S.pd

Bendahara : 1. Sugeng Riyanto

2. Retna Yuana

Harapan di adakannya kegiatan ini agar masyarakat setempat mampu saling bersinergi dan gotong royong dalam mensuskseskan acara tersebut adapun tujuanya agar membentuk karakter masyarakat yang berjiwa nasionalisme.

PENYERAHAN KKN MAHASISWA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON DI DESA TERLANGU KEC.BREBES KAB.BREBES

IMG-20190711-WA0017[1]Pada Tanggal 11 juli 2019 telah dilaksanakan penyerahan peserta KKN kelompok 103 IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang bertemakan “Aktualisasi Pembelajaran pengabdian Bersama Masyrakat Berbasis Riset”  yang bertempat di Balai Desa Terlangu kecamatan Brebes kabupaten Brebes.

KKN tahun 2019 ini merupakan tahun ke-2 dari program kerjasama antara IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan kabupaten Brebes  dan insya Allah MOU ini akan di lakukan selama 4 tahun berturut-turut terhitung dari tahun 2018 kemarin dengan metode sistem PAR (Participatory Action Research), mungkin bisa di katakan sebagai metode sistem tindak lanjut dari KKN tahun kemarin.

Program KKN ini merupakan bentuk wujud nyata dari perpaduan antara Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat yang sebagaimana dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi landasannya terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Dengan dilaksanakanya kegiatan KKN di Desa Terlangu semoga dapat memberikan manfaat dan kegiatan-kegiatan yang positif kepada masyarakat setempat .