SEDEKAH BUMI TAHUN 2018

Budaya, Sedekah bumi yang dilaksanakan di Desa Terlangu Kecamatan Brebes, merupakan sarana untuk menjaga budaya dan tradisi. Demikian disampaikan Pj. Kepala Desa Terlangu Bapak Slamet Budi Raharjo,S.Ip, disela kegiatan kemarin.

            20181009_194412Menurutnya sedekah bumi dilakukan karena tradisi tersebut sudah berlangsung sejak zaman leluhur Bahkan dengan adanya sedekah bumi, masyarakat dapat mengetahui leluhur desa terlangu yang sebenarnya.

            Bapak Slamet Budi Raharjo,S.Ip menambahkan sedekah bumi yang dilaksanakan selama 1 hari 1 malam  tersebut membuat warga semakin antusias untuk mengikutinya, pada siang hari acara sedekah bumi dilaksanakan di petilasan Balekambang yang terletak di RW.03 Desa Terlangu dan pada malam harinya dilangsungkan di halaman Balai Desa Terlangu. Untuk itu mereka berbondong – bondong untuk mengikuti beberapa acara yang sudah disiapkan panitia. Tetapi yang paling menyedot banyak perhatian warga adalah pementasan Wayang Golek Putra laras dengan dalang Ki werta Diharja.

            ‘ Dalam pementasan wayang tersebut bercerita tentang orang miskin yang menjadi raja,

Bapak Slamet Budi Raharjo, S.Ip mengungkapkan, sehingga dengan keprihatinan, sebuah cita-cita yang di impikan akan dapat berhasil. Apabila dilakukan dengan usaha dan perilaku yang baik. Untuk itu, sebagai manusia harus berusaha keras untuk menggapai semua yang diinginkan. Kisah tersebut menggambarkan contoh yang baik. Karena untuk menggapai keinginan tentunya harus berusaha keras. (9Oktober’18/Ds)